Jumat, 23 Januari 2009

MASALAH KOMPUTER

KOMPUTER SERING HANG?
MASALAH
Masalah yang paling sering dihadapi oleh para pengguna komputer adalah komputer sering hang. Komputer menjadi diam, cursor tidak bisa di gerakkan, dan tidak merespon keyboard.
CARA MENGATASI
Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer sering hang. Berikut ini akan dijelaskan beberapa sebab tersebut serta cara mengatasinya.

a. CPU terlalu panas
Walupun pada mainboard telah terdapat heatsink (alat pendingin), sering kali suhu dalam CPU masih telalu panas dan heatsink tersebut belum mampu mendinginkan sistem ruang CPU. Panas yang berlebihan ini bisa disebabkan oleh sirkulasi udara yang kurang baik karena posisi kabel-kabel yang tidak rapi, pemasangan kartu grafis yang banyak memakai daya, atau disebabkan oleh tipe prosesor tertentu yang memang bersifat cepat panas.
Untuk mengatasinya, anda dapat memasang kipas tambahan pada CPU. Dalam casing biasanya terdapat satu atau lebik tempat yang khusus dimaksudkan untuk pemasangan kipas tambahan. Selain itu, usahakan agar kabel-kabel diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara dalam casing.

b. Kapasitas memori tidak memadai
Untuk komputer yang memiliki kapasitas memori yang kecil, masalah hang mungkin akan sering dihadapi, khususnya untuk beberapa aplikasi tertentu seperti games dan program desain grafis yang berat. Untuk menjalankan pekerjaannya dengan baik, komputer membutuhkan sumber daya (resource) yang memadai. Jadi ketika sumber daya memori itu tidak mencukupi, komputer akan bereaksi dengan senjata utamanya yaitu hang.
Untuk mengatasinya, tambahlah kapasitas memori komputer anda. Misalnya, saat ini pada mainboard komputer anda terpasang satu keping memori dengan kapasitas 64 MB. Maka anda bisa menambah satuk keping lagi pada slot memori kedua yang masih kosong sehingga total memori anda akan menjadi lebih besar, yaitu 128 MB. Atau, kalau ada dana yang tersedia mencukupi, anda bisa membeli memori baru yang kapasitasnya di atas nilai-nilai diatas, misalnya 256 MB atau 512 MB. Namun, jika anda merasa saat ini anda belum mau menambah memori, cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah hapuslah program-program yang tidak atau jarang dipergunakan dan hindarilah program-progran yang banyak memakan sumber daya memori.

c. Memori rusak
Komputer yang sering hang bisa juga disebabkan oleh kondisi memori (RAM) yang kurang baik. Bila demikian halnya, gantilah memori komputer anda dengan memori yang baru. Pada saat mengganti memori, perhatikan tipe memori yang digunakan. Jika anda tidak tahu panti tipe memori anda, maka ketika hendak membeli memori baru di toko komputer, bawalah memori lama anda dan tunjukan pada pemilik toko komputer tersebut sehingga ia bisa memilihkan memori yang sesuai.
Untuk melepaskan memori lama dari slot memori, letakkan ibu jari kanan kiri anda pada kedua sisi pengunci memori. Tekanlah ke arah luar sehingga memori terangkat. Lalu, cabutlah memori itu secara perlahan. Sedangkan untuk memasag memori baru, buka penguncinya kearah luar (jika terkunci), lalu masukkan memori baru anda kedalam slotnya. Tekan kedua ujung memori dengan ibu jaru kanan kiri anda secara perlahan sehingga memori masuk dan pengunci pada sisi kiri dan kanan slot memori mengunci dengan sendirinya.

d. Kerusakan pada program atau sistem
Jika hang yang dialami oleh komputer anda disebabkan oleh kerusakan pada program atau sistem, misalnya adanya file-file yang rusak (corrup), cobalah untuk melakukan instalasi ulang. Jika salah satu program aplikasi anda mengalami masalah seperti ini, hapuslah program tersebut dari Add/Remove Programs yang bisa anda akses dari Start-(Setting)-Control Panel. Setelah itu lakukan insatalasi program tersebut melalui CD atau media penyimpanan lainnya. Namun jika anda akan menginstal ulang sistem oprasi, lakukan backup terlebih dahulu terhadap semua data-data penting dalam komputer anda. Bagi yang belum berpengalaman dalam menginstal sistem operasi, ada baiknya kalau meminta bantuan teknisi komputer atau orang yang memang mengerti dalam haltersebut.

e. Virus
Virus juga dapat menyebabkan komputer mengalami hang. Untuk mengatasinya tentu saja kita harus menggunakan program anti virus yang terbaru.

TEKS HILANG SAAT DI EDIT
MASALAH
Suatu hari seorang teman mengalami masalah ketika ia sedang menggunakan program aplikasi Microsoft Word. Ketika mengedit naskah, ia mengalami kesulitan dalam menyisipkan atau mengubah huruf di tengah-tengah teks. Setiap kali ia melakukan penyisipan atau pengubahan huruf di tengah-tengah teks, maka teks di belakangnya akan menghilang. Hal seperti ini tentunya bukan mempermudah proses editing naskah, tetapi justru bikin masalah.
CARA MENGATASI
Untuk mengatasi masalah ini periksalah modus Overtype (OVR) yang terdapat di layar Microsoft Word bagian bawah. OVR yang aktif biasanya menjadi biang keladinya.
Atau kita dapat menon-aktifkan modus ini dengan salah satu sara berikut ini:
Klik ganda OVR.
Tekan tombol Insert pada keyboard.
Klik menu Tools – Options – Edit dan hilangkan tanda centang ΓΏ pada Overtype (OVR).

VIRUS
Yang dimaksud virus di sini adalah sebuah program yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan menjebol atau merusak sistem komputer.
MASALAH
Kalau bicara masalah virus, tentu yang ada dalam benak kita adalah sesuatu yang bisa menyebabkan penyakit. Dalam dunia komputer, virus juga sering menjadi bahan pembicaraan karana efek-efek yang diakibatkan oleh ulah-ulah virus sangat membahayakan sistem komputer yang pada gilirannya bisa merusak data-data penting yang ada di dalamnya. Banyak perusahaan atau lembaga mengalami kerugian yang begitu besar karena ulah virus komputer.
Virus dalam dunia komputer tidaklah seperti virus dalam dunia medis. Virus bukanlah sumber penyakit fisik yang bisa menyebabkan influenza, TBC atau jenis penyakit lainnya, tetapi yang dimaksud dengan virus di sini adalah sebuah program yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan menjebol atau merusak sistem komputer. Virus ni bisa menyebarkan diri sebanyak-banyaknya dan bisa menular. Penularannya bisa melalui media seperti disket, CD, atau melalui jaringan.
Bila sebuah komputer sudah di jangkiti oleh virus, kemungkinan yang bisa terjadi adalah komputer itu sering hang atau restart sendiri, hard disk yang tiba-tiba penuh karena banyaknya salinan file yang dibuat oleh virus, data menjadi rusak atau hilang, atau bahkan PC menjadi mati.
CARA MENGATASI
Untuk mencegah masuknya virus ke dalam komputer, pasanglah program anti virus yang terkenal adalah McAfee, Norton Antivirus, Kaspersky, PC-cillin dan Antivir Guard. Lakukan scan virus secara teratur dan update antivirus tersebut. Update ini perlu dilakukan karena setiap harinya muncul varian-varian virus baru. Antivirus yang ada sekang ini tergolong sangat mudah pengoprasiannya. Masing-masing mempunyai tampilannya sendiri-sendiri dan biasanya terdapat beberapa tombol yang dapat dipergunakan untuk men-scan virus pada hard disk, disket atau CD.
Pada saat melakukan scanning, bila program antivirus menemukan virus, naka program tersebut akan menampilkan layar pemberitahuan dan meminta kita untuk melakukan pilihan untuk menghapus, memperbaiki atau membiarkan file yang terinfeksi tersebut. Sebaiknya hapus semua file yang sudah terinfeksi virus.

0 komentar:

Posting Komentar